Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Tidak dipungkiri jika popok adalah salah satu kebutuhan bagi bayi. Namun pemakaian yang tidak benar kerap kali menjadi ruam pada bayi. Oleh sebab itu sebaiknya Anda pilih popok yang berkualitas di toko perlengkapan bayi. Selain itu gunakan beberapa cara yang ada di bawah ini untuk mencegah ruam pada bayi karena penggunaan popok yang salah.

Jangan Salah Memilih Popok

Ruam yang terjadi pada bayi biasanya juga bisa disebabkan karena iritasi akibat beberapa zat di dalam popok. Jadi ketika Anda mengganti popok dengan jenis baru maka bisa jadi menyebabkan iritasi pada bayi. Berikut cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok yang salah pilih:

  • Mencoba beralih pada popok kain atau popok sekali pakai dengan jenis merek yang berbeda
  • Apabila Anda mencuci popok kain itu sendiri maka bisa mulai ganti detergen atau sabun cuci yang biasa digunakan untuk membersihkan popok
  • Pakai sabun cuci lembut, serta hypoallergenic.

Rutin Mengganti Popok

Mengganti popok basah menggunakan salinan baru merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah ruam pada bayi. Pada umumnya popok bayi perlu Anda ganti paling tidak dalam rentang waktu 2 hingga 3 jam sekali. Namun jika lebih cepat justru jauh lebih baik. Jika Anda memeriksa popok dan sudah terasa agak basah atau penuh, tidak ada salahnya untuk segera mengganti dengan yang baru.

Selain itu pastikan ketika Anda mengganti popok dengan yang baru tangan selalu dalam kondisi yang bersih ya. Cuci kedua tangan  Anda menggunakan sabun, selain itu pastikan juga di bawah air mengalir, tujuannya adalah sebagai cara pencegahan perpindahan bakteri  yang dapat menjadikan masalah ruam semakin buruk.

Namun saat hendak menggantinya, pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah perpindahan bakteri yang bisa memperburuk ruam popok.

Lepaskan popok lama kemudian bersihkan kelamin bayi dan keringan. Usao dengan lembut pada kulit bayi menggunakan tisu atau tepuk  pelan ketika menggunakan handuk. Angin-anginkan bokong sejenak agar bisa memberikan ruang bagi kulit untuk bernapas.

Pastikan Ukuran Popok Pas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pemilihan popok juga jadi salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Sebaiknya Anda disarankan untuk memilih popok yang tidak terlalu ketat karena justru akan memperparah ruam yang ada pada bayi. Pastikan memilih popok yang memberikan kenyamanan bagi si kecil. Sesuaikan ukuran popok dengan ukuran tubuh buah hati.

Di atas adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ruam popok pada bayi. Selain itu pastikan juga Anda membeli jenis popok sekali pakai yang berkualitas seperti halnya dengan Mamypoko untuk mencegah ruam pada bayi semakin parah. Namun Anda juga bisa menyesuaikan merek dengan kebutuhan seperti biasanya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *