Cara Mengatasi Anak Picky Eater Saat Traveling

Traveling bersama dengan anak memang ada saja tantangannya. Anak-anak pasti perlu beradaptasi dalam perjalanan dan di tempat baru yang belum pernah ia kunjungi. Tak jarang anak-anak akan rewel dan tidak bisa diam ketika jalan-jalan. Nah, satu permasalahan lain saat sedang traveling bersama dengan anak adalah mereka susah sekali untuk makan! Apalagi jika Anda traveling dengan anak picky eater atau pemilih sekali dalam makanan.

Wah, bisa-bisa liburan Anda dan pasangan jadi berkurang keasyikannya! Bagaimana cara untuk menyikapi anak yang picky eater ketika jalan-jalan atau traveling? Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

Jangan Terlalu Memaksakan

Saat anak tidak mau makan, kadangkala orangtua akan memaksakan anak untuk makan. Segala cara akan digunakan supaya anak mau membuka mulutnya untuk makan. Sebaiknya hal seperti itu tidak dilakukan.

Memaksakan anak untuk makan dapat jadi berakibat anak trauma. Nah, jika memaksa pun, siap-siap untuk menghadapi anak yang akan lebih rewel dan cranky. Banyak alasan mengapa anak tidak mau makan. Mungkin karena mereka tidak menyukai makanannya, perutnya sedang tidak enak atau bahkan masih ingin melakukan hal lain yang sedang asyik mereka kerjakan.

Cari tahu terlebih dahulu penyebab anak tidak mau makan dan kalau sudah diketahui ajak lagi mereka makan tanpa paksaan sambil bermain atau melakukan hal yang mereka sukai. Jika mereka belum mau makan juga, biarkan saja dulu. Tunggu beberapa saat hingga mereka benar-benar merasa lapar dan mau makan.

Kurangi Ekspektasi

Ketika traveling, badan akan melakukan penyesuaian. Begitu juga dengan anak-anak. Mereka bisa sangat lelah saat melakukan perjalanan dan jadi tidak selera untuk makan. Karena itu, kurangilah ekspektasi jumlah makanan yang dimakan oleh anak.

Jika biasanya anak makan dalam jumlah yang banyak kemudian ketika traveling menjadi sedikit, tidak apa-apa. Asalkan tetap ada yang mereka makan sebagai asupannya, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir.

Selalu Bawa Makanan yang Disukai Anak

Anak-anak tentu akan menyukai makanan tertentu, apalagi anak picky eater. Maka dari itu, bawalah makanan yang disukai mereka dan simpan selama masa perjalanan. Siapkan juga camilan seperti biskuit untuk sekedar mengisi perut. Jika di perjalanan menemui penjual kentang goreng atau camilan yang mengenyangkan dan jus buah, beli saja dan suapi anak sedikit demi sedikit.

Walaupun anak menolak untuk makan besar, setidaknya mereka makan susu, camilan, dan jus buah untuk mengisi perutnya yang sedang kosong. Bawa juga makanan yang dapat langsung dimakan, seperti abon atau bawang goreng. Hanya makan itu bersama nasi pun akan terasa nikmat. Biasanya anak-anak akan menyukai makanan yang cenderung kering dan mudah untuk dimakan.

Bawa Peralatan Masak

Anda dapat membawa peralatan masak untuk digunakan di penginapan. Saat traveling dalam jangka waktu agak lama dan tempatnya sangat jauh dari rumah, lebih nyaman memang menginap di apartemen dengan dapur atau di homestay yang menyediakan dapur umum.

Dengan peralatan masak dan bahan-bahan yang sudah Anda beli sebelumnya, Anda bisa masak makanan kesukaan anak saat pagi. Masakan tersebut bisa dimasukkan ke dalam wadah dan dibawa ketika jalan-jalan. Persiapkan saja kalau anak-anak menolak makan di restoran.

Bisa jadi makanan di destinasi liburan tersebut tidak cocok dengan lidah mereka. Dengan membawa makanan yang dibuat sendiri, seperti nasi goreng, setidaknya anak-anak dapat makan beberapa suap.

Bawa Instant Food Jika Diperlukan

Repot kalau harus memasak, Anda bisa membawa instant food. Hal ini juga bisa mengurangi rasa stres karena anak tidak ingin makan. Biasanya anak-anak akan suka instant food seperti nugget atau mi instan. Jika Anda tidak keberatan untuk memberikan makan instan tersebut sesekali, lakukanlah. Tapi jika tidak, jangan dilakukan.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *